-->

Jenis Kertas untuk Melukis dengan Cat Air

 

Kertas cat air (watercolor paper) memiliki beberapa varian, tergantung kepada tiga hal, yaitu ketebalan (gramasi berat), bahan, dan tekstur permukaannya. Penasaran ingin tahu? Yuk, simak!

Berdasarkan Ketebalan

Kertas cat air umumnya memiliki ketebalan antara 200-640 gsm, walaupun ada juga yang bergramasi di bawah dan di atasnya. Tetapi, tipe kertas yang paling banyak digunakan antara 200-300 gsm. Keterangan gramasi biasanya akan tercantum pada kemasan kertas.

Semakin kecil angka gramasinya, semakin tipis kertasnya. Jika kita ingin kertas yang cukup tangguh (tidak gampang menggelembung), gunakan minimal tipe kertas yang bergramasi 300 gsm.

Berdasarkan Bahan

 
Kertas cat air dibuat dari salah satu dari tiga jenis bahan, yaitu kapas (katun), bubur kertas (pulp/cellulose), dan linen. Setiap merek kertas memiliki kelengkapan variasi yang berbeda-beda. Ada merek yang memiliki ketiga tipe bahan, contohnya Canson, namun ada juga yang hanya berbahan katun, contohnya Artemedia.

Berdasarkan Tekstur Permukaannya

Kertas cat air juga dapat dibedakan berdasarkan tekstur permukaannya. Ada tiga tipe kertas berdasarkan kategori tersebut, yaitu: kertas cold pressed, hot pressed, dan rough.
 

Kertas cold press memiliki permukaan dengan kehalusan sedang. Ada semacam pori-pori di permukaan kertas, namun masih tidak terlalu besar. Kertas tipe ini cocok dipakai untuk melukis objek-objek yang tidak terlalu detail, misalnya pemandangan.
 

Khusus untuk pemakaian dengan cat air, pigmen di kertas cold pressed lebih mudah dihapus dibandingkan di kertas hot pressed.

Kelemahannya, hasil pemindaian (scan) gambar dengan kertas ini biasanya akan terlihat tidak terlalu mulus.
 

Kertas hot pressed memiliki permukaan yang halus. Tipe kertas ini banyak digunakan untuk pembuatan karya lukis botani dan juga ilustrasi yang membutuhkan detail. Hasil pemindaian  gambar di kertas hot pressed akan sangat bagus.
 

Setiap merek kertas memberi harga yang bervariasi untuk kertas hot pressed. Kertas tipe profesional biasanya berharga lebih mahal dibandingkan kertas berlabel hot pressed dari tipe di bawahnya.

Kertas rough, sesuainya namanya, memiliki permukaan yang kasar dengan pori-pori yang lebih besar daripada kertas cold pressed. Biasanya kertas tipe ini cocok untuk membuat karya-karya ekspresif denga teknik wet on wet (basah di atas basah).



Beberapa Merek Kertas Cat Air


Arches
 
Merek arches memproduksi tiga tipe kertas, yaitu hot pressed (bertekstur halus), cold pressed (bertekstur sedang), dan rough (bertekstur kasar). Semuanya berbahan dasar katun. Kertas merek ini tergolong level premium. Harganya sesuai dengan kualitasnya. 

Karena harganya yang lumayan mahal, bagi kalian yang ingin mencoba kertas ini dengan harga miring, bisa membeli dalam bentuk eceran per- lembar atau per- tiga lembar. Klik di SINI untuk membeli kertas arches dalam bentuk eceran.

Artemedia

Merek artemedia memiliki hanya satu tipe kertas, yaitu yang berbahan dasar katun, dengan berat (gramasi) 200 gsm. Kertas merek ini cocok buat kalian yang sedang belajar melatih kelenturan memakai cat air. Harganya ekonomis, sehingga tidak perlu takut atau sayang jika dipakai sebagai media percobaan.

Arto

Kertas cat air Arto memiliki dua tipe kertas, yaitu kertas berbahan dasar kapas dan cellulose. Jenis ketebalan kertas 200 dan 300 gsm. Kalian bisa memilih versi jilid ring, block pad, ataupun paket lembaran isi 10 lembar. Ukuran kertas dari A4-A3.

Canson XL Aquarelle

Kertas cat air keluaran Canson ini diproduksi dalam bentuk buku dengan jilid ring. Berat 300 gsm. Bahan bakunya bubur kertas. Untuk level di kelasnya, tipe kertas ini lumayan nyaman dipakai untuk karya yang membutuhkan detail.

Canson Heritage

Canson heritage tergolong kertas di level premium profesional dari Canson. Bahan bakunya dari kapas. Pilihan tipenya: cold press, hot pressed, dan rough. Berat 300 gsm. Kertas dikemas dalam bentuk block pad.

Canson Montval

Canson montval tergolong kertas level medium. Cukup nyaman digunakan untuk karya yang serius dan detail asalkan sabar dalam memprosesnya. Kertas ini ada dalam dua tipe ketebalan, yaitu 200 dan 300 gsm.

Reeves

Karakteristik kertas reeves mirip dengan kertas cat air merek artemedia. Tersedia dalam ketebalan 200 gsm dalam bentuk block pad dan jilid ring.

Winsor & Newton

Kertas merek Winsor & Newton memiliki dua tipe, yaitu tipe classic dan professional. Untuk tipe classic, kertasnya cukup tangguh untuk mengerjakan karya wet on wet.

Kertas tipe professional dari winsor tergolong kertas level premium yang harganya tentu saja juga premium. Tipe ini ada dalam tiga varian, yaitu hot pressed, cold pressed, dan rough.

Selain merek-merek di atas, tentu saja ada banyak merek lainnya dari kertas cat air yang belum disebutkan. Tetapi, sebagai bahan rekomendasi, merek kertas di atas sudah diuji coba oleh penulis, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan. Selamat menjelajah di dunia kertas cat air.

Boleh banget bagikan artikel ini di akun media sosialmu jika kamu rasa akan berguna.

 



 

Posting Komentar

0 Komentar