Jenis Kertas untuk Melukis dengan Cat Air

 

Kertas cat air (watercolor paper) memiliki beberapa varian, tergantung kepada tiga hal, yaitu ketebalan (gramasi berat), bahan, dan tekstur permukaannya. Penasaran ingin tahu? Yuk, simak!

Berdasarkan Ketebalan

Kertas cat air umumnya memiliki ketebalan antara 200-600 gsm, walaupunn ada juga yang bergramasi di bawah dan di atasnya. Tetapi, tipe kertas yang paling banyak digunakan antara 200-300 gsm. Keterangan gramasi biasanya akan tercantum pada kemasan kertas.

Semakin kecil angka gramasinya, semakin tipis kertasnya. Jika kita ingin kertas yang cukup tangguh (tidak gampang menggelembung), gunakan minimal tipe kertas yang bergramasi 300 gsm. 


Berdasarkan Bahan

Kertas cat air dibuat dari salah satu dari tiga jenis bahan, yaitu kapas (katun), bubur kertas (pulp/cellulose), dan linen. Setiap merek kertas memiliki kelengkapan variasi yang berbeda-beda. Ada merek yang memiliki ketiga tipe bahan, contohnya Canson, namun ada juga yang hanya berbahan katun, contohnya Artemedia.

Berdasarkan Tekstur Permukaannya

Kertas cat air juga dapat dibedakan berdasarkan tekstur permukaannya. Ada tiga tipe kertas berdasarkan kategori tersebut, yaitu: kertas cold press, hot press, dan rough.

  1. Kertas cold press memiliki permukaan dengan kehalusan sedang. Ada semacam pori-pori di permukaan kertas, namun masih tidak terlalu besar. Kertas tipe ini paling banyak digunakan karena harganya relatif murah. Kelemahannya, hasil scan gambar dengan kertas ini biasanya akan terlihat tidak terlalu mulus.
  2. Kertas hot press memiliki permukaan yang halus. Tipe kertas ini banyak digunakan untuk pembuatan karya lukis botani dan juga ilustrasi yang membutuhkan detail. Sayangnya, harga kertas hot press (HP) relatif lebih mahal dibandingkan kertas cold press.
  3. Kertas rough, sesuainya namanya, memiliki permukaan yang kasar dengan pori-pori yang lebih besar daripada kertas cold press. Biasanya kertas tipe ini cocok untuk membuat karya-karya ekspresif denga teknik wet on wet.




Posting Komentar

0 Komentar