-->

[REVIEW] Canson Montval Watercolor Paper


 


Canson Montval Watercolor Paper adalah  jenis kertas cat air cold pressed keluaran Canson, di mana teksturnya tidak terlalu halus, namun juga tidak kasar. Salah satu kelebihan kertas ini, cat atau warna dapat dikoreksi dengan sapuan kuas bersih. 

Kertas canson montval diproduksi dengan ketebalan 185-300 gsm, dengan dua tipe tekstur, yaitu cold pressed dan snowy grain. Tetapi, di toko-toko alat seni di Indonesia, penulis hanya menemukan tiga tipe berat dan tekstur dari kertas canson montval, yaitu, 200, 220, dan 300 gsm. Jenis tekstur yang tersedia juga hanya satu, yaitu yang bertipe cold pressed.

Kertas ini didesain oleh seorang pelukis kelahiran Barcelona, Spanyol, bernama Gaspard Maillol pada awal abad ke-20. Harganya tergolong ramah di kantong, namun tetap bisa menghasilkan lukisan yang bagus di tangan para seniman berpengalaman. Contoh lukisan yang memakai  Canson Montval watercolor Paper 300 gsm dapat dilihat di bawah ini.


Berdasarkan pengalaman penulis, kertas canson montval dengan berat 300 gsm dapat dipakai dengan leluasa untuk melukis dengan teknik wet on wet, namun untuk kertas yang beratnya 200 atau 220 gsm lebih cocok dipakai untuk melukis dengan teknik wet on dry.

Format dan Ukuran Kertas 

Kertas Canson Montval yang beredar di Indonesia rata-rata memiliki  pilihan format dan ukuran sebagai berikut:

- Format lembaran (sheet) dikemas dalam plastik transparan: 300 gsm dan 220 gsm (ukuran A6, A5, A4, A3, A2, dan A1)

- Format buku/dijilid (pad): 300 gsm (A4 plus dan A3)

 

Karakter Kertas dalam Menyerap Air

Kertas Canson Montval 300 gsm memiliki karakteristik yang dinamis. Saat cat diaplikasikan di atas kertas, cat dapat menyebar dengan baik dan mudah, dan  bisa kering dalam waktu kurang lebih 15 menit. Waktu tersebut cukup ideal untuk mereka yang suka mencampur warna langsung di atas kertas.

Selain itu, karena ketebalannya cukup baik, kertas dengan gramasi 300 gsm cenderung aman (tidak akan menggelembung), sekalipun tidak dibentangkan dengan menggunakan lakban.

Adapun pada kertas dengan gramasi 200 dan 220 gsm, cat relatif lebih mudah kering. Tetapi, cat akan meluber ke luar area objek jika kita memaksa untuk menggunakan teknik wet on wet, terlebih jika campuran cat dalam konsentrasi sangat encer.

Selain itu, kertas 200-220 gsm  akan cenderung menggelembung jika kita terlalu memborbardirnya dengan cat dalam waktu yang berdekatan. Oleh karena itu, kertas dengan gramasi 200-220 gsm sebaiknya dipakai untuk melukis objek yang dengan teknik wet on dry.

Terlepas dari segala kekurangannya, kertas ini tetap memiliki kelebihan yang menurut penulis dapat membuat kita mengabaikan kekurangannya. Kertas ini cocok bagi kalian yang baru belajar cat air ataupun mereka yang sudah profesional. Selain bebas asam (acid free), kertas canson montval sudah disertai dengan perawatan tahan jamur, sehingga tidak mudah rusak atau menguning dalam jangka waktu yang lama.

Teman-teman yang ingin membeli Canson Montval Watercolor Paper Pad di marketplace, silakan klik di 👉  sini Dan bagi teman-teman yang ingin membeli versi sheet, silakan klik di 👉 sini. Tokonya insyaa Allah terpercaya.

 





Posting Komentar

0 Komentar