8 Manfaat Menggambar bagi Anak-Anak

 

(Sumber foto: https://pixabay.com/photos/crayon-to-draw-to-color-the-hand-4766037/)

 

1. Menumbuhkan rasa percaya diri

Ketika anak-anak berhasil membuat sebuah gambar, mereka akan menunjukkannya kepada kita dengan gembira, dan respons positif yang diberikan orang dewasa akan membantu mereka untuk merasa percaya diri bahwa mereka berhasil membuat sesuatu.

 2. Menstimulasi kemampuan analisis visual

Menggambar akan membantu anak untuk memahami konsep-konsep sederhana seperti besar, kecil, jauh dekat, kasar, halus, tinggi atau rendah. Bagi orang dewasa, hal tersebut mungkin tampak mudah, namun tidak demikian bagi anak-anak. Lewat kegiatan menggambar, kita dapat membantu anak untuk memahami hal tersebut dengan lebih mudah.

3. Membantu meningkatkan konsentrasi

Menggambar tanpa sadar akan membuat rentang perhatian anak menjadi lebih memanjang terhadap sebuah kegiatan. Hal ini akan menumbuhkan kepedulian mereka terhadap detail, sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan daya konsentrasi mereka.

4. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata

Menggambar adalah proses memvisualkan apa yang terlihat dengan menggunakan tangan. Kegiatan menggambar akan sangat berguna untuk melatih kekompakan tangan dan mata.

5. Menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah

Saat menggambar, anak-anak akan memikirkan aneka cara untuk menghubungkan garis sehingga menghasilkan sebuah bentuk yang diinginkan. Usaha mereka untuk mencapai hal tersebut, secara tidak langsung akan menumbuhkan kemampuan kreatif mereka.

 6. Menstimulasi kemampuan motorik halus

Menggunakan alat tulis akan membantu anak-anak untuk membangun kemampuan motorik halusnya, dan menggambar adalah cara yang efektif untuk mengembangkan kemampuan ini dengan lebih sempurna, karena anak-anak dapat melihat langsung dampak visual dari gerakan tangannya.

 7.  Membangun emosi positif

Saat menggambar, secara tidak langsung otak akan  diajak untuk menikmati proses dan melihat hasilnya. Hal tersebut akan memicu rasa gembira di otak sehingga membangun emosi positif pada anak.

8. Mengeluarkan imajinasi dan emosi anak yang terpendam

Menggambar dapat menjadi sarana bagi anak-anak juga dapat untuk mengeluarkan imajinasi dan emosi-emosi mereka yang terpendam. Jika kita lebih teliti memperhatikan gambar anak-anak kita, sesungguhnya mereka bisa jadi tengah berbicara secara visual tentang apa yang mereka pikirkan.


 

Posting Komentar

0 Komentar