-->

[REVIEW] Canson Heritage Watercolor Paper (Hot Pressed)


 

Canson Heritage Watercolor Paper adalah salah satu jenis kertas keluaran Canson yang tergolong ke dalam level profesional (artist grade). Bahan bakunya dari katun dengan warna putih alami (tanpa pemutih sintetis). Merek ini tersedia dalam tiga varian, yaitu cold pressed, hot pressed, dan rough. Namun, tulisan kali ini akan khusus membahas tinjauan untuk tipe hot pressed atau yang bertekstur halus.

Daya Sebar dan Tipe Objek

Seperti umumnya kertas hot pressed dengan bahan cotton, cat dapat menyebar dengan sempurna di atas Canson Haritage Hot Pressed dengan teknik wet on wet (basah di atas basah). Tetapi, kertas ini juga tetap masih bersahabat jika kita akan melakukan koreksi setelah warna mengering.

Selain itu, tekstur kertas yang halus membuat kertas ini sangat nyaman dipakai untuk melukis objek yang menampilkan detail, seperti halnya lukisan botani.

Daya Lekat Pigmen

Dibandingkan kertas dengan grade di bawahnya, seperti Canson Montval atau XL,  Canson Heritage Hot Pressed  dapat menyerap warna lebih cepat dan mengikatnya lebih kuat, sehingga warna lebih mudah terlihat cemerlang. Hal itu juga berarti, tidak perlu terlalu banyak layer untuk membuat warna menjadi pekat.

Ketebalan Kertas

Ketebalan kertas Canson Heritage tersedia dalam 300 dan 640 gsm. Tetapi, varian yang umum dijual di Indonesia adalah 300 gsm. Ketebalan kertas di level ini tergolong sudah cukup tangguh untuk menahan sapuan cat dalam konsentrasi encer sekalipun. Kita tidak perlu melakukan pengencangan kertas dengan cara dibentangkan memakai selotip.

Ukuran Kertas

Bersumber dari situs resmi Canson, ukuran kertas yang tersedia untuk varian hot pressed, sebagai berikut:

- 23  x 31 cm

- 26 x 36 cm

- 31 x 41 cm 

- 36 x 51 cm

-  1,52 x 4,57 m (dalam bentuk roll)

Tetapi, bisa jadi untuk penjualan di Indonesia, tidak semua ukuran di atas tersedia.

 

Contoh Lukisan Memakai Kertas Canson Heritage Hot Pressed  

Di bawah ini lukisan hasil uji coba saya memakai kertas Canson Heritage Hot Pressed.



Harga Canson Heritage Watercolor Paper (Hot Pressed)

Harga kertas Canson Heritage Watercolor Paper memang tergolong agak mahal, namun harga itu sesuai dengan kualitasnya sebagai kertas di level profesional. Kisaran harga kertas di marketplace untuk jenis pad ukuran 23x31 cm (isi 12 lembar) antara Rp. 255.000 sampai Rp. 275.000 tergantung toko. Silakan klik di SINI untuk membeli Canson Heritage Watercolor Paper  Cold Pressed dan di SINI untuk membeli varian Hot Pressed. Menilik review konsumen, tokonya terpercaya dan harga lebih bersaing.


Posting Komentar

0 Komentar