-->

[REVIEW] Baohong Academy Watercolor Paper Pad (Hot Pressed)

 


Kertas cat air merek baohong tergolong baru dibandingkan kertas cat air merek lain yang beredar di Indonesia. Tetapi, apakah kualitasnya bisa memenuhi kebutuhan para seniman cat air? Hal itu tentu perlu eksperimen langsung untuk mengujinya.

Nah, kali ini saya akan meninjau salah satu tipe, yaitu Academy Watercolor Paper Pad dengan tekstur halus (Hot Pressed). Kertas tipe ini  dikemas dalam bentuk block (diberi lem di keempat sisinya).

 

Ukuran dan Bahan Baku Kertas

Academy watercolor paper pad memiliki beberapa pilihan ukuran, di antaranya:

- 18 x 12,5 cm 

- 21 x 15 cm

- 28 x 18 cm

- 31 x 21 cm

- 38 x 13 cm

Saya sendiri menggunakan ukuran 26 x 18 cm.

Bahan bakunya 100% cotton (kapas) dan free acid atau bebas asam. Hal itu berarti, kertas akan tahan terhadap kelembapan, sehingga tidak mudah menguning.

 

Tinjauan 

Kertas memiliki daya tahan terhadap cat yang encer, sehingga cocok dipakai untuk melukis dengan teknik wet on wet. Karena gramasinya 300 G/M, kertas cukup tebal dan kokoh.

Pengemasan dengan cara block, di mana keempat sisinya diberi lem, membuat kita tidak memerlukan lagi alas jika melukis di luar ruangan. Kertas akan melekat atau menyatu satu sama lain, sehingga kaku dan kokoh. Kita bisa melepas kertas, setelah lukisan selesai.

Tetapi, seperti umumnya kertas berbahan cotton, cat akan lebih cepat mengering, sehingga perlu kecepatan yang cukup untuk mengolah pewarnaan dengan teknik wet on wet.

Secara keseluruhan, Baohong Academy Watercolor Pad tipe Hot Pressed dapat diandalkan untuk melukis objek yang membutuhkan detail. 

Tetapi, jika ingin menghasilkan lukisan yang vibrant, kertas tipe ini tidak masuk ke dalam kriteria sangat baik. Butuh sangat banyak layer untuk menghasilkan kecerahan warna yang diinginkan. Karena itulah, Anda perlu memilih kertas Baohong dengan tipe di atasnya (Artist  Grade) untuk menghasilkan karya yang lebih berkualitas.

Contoh lukisan dengan memakai kertas Baohong Academy Watercolor Paper Pad (HP) dapat dilihat di bawah ini.



Bagi yang ingin membaca review kertas Canson Montval Watercolor Paper, silakan klik di sini.






Posting Komentar

0 Komentar