-->

 SELF PUBLISHING dengan Google Play Books Partner

 


Yuk, kenalan lebih dekat dengan "Google Play Books Partner" atau saya singkat saja dengan GPBP. Bagi para penulis ataupun ilustrator yang rajin dan rutin menabung karya, fasilitas GPBP sangat penting dipertimbangkan, karena dapat menjadi solusi untuk media penerbitan karya.

Sekalipun penerbitan buku fisik tetap menjadi prioritas, namun tak jarang, beberapa naskah tidak berjodoh dengan penerbit mayor. Bukan karena jelek, namun karena penerbit sedang tidak memerlukan naskah dengan tema tersebut atau tema yang sama sudah digarap oleh penulis lain.

Nah, daripada si naskah hanya "tidur"di komputer, tentu akan lebih berguna jika ia tetap diterbitkan. Kita dapat menerbitkannya dalam format fisik dengan sistem cetak POD (biar nggak berat dalam pembiayaan) atau kita terbitkan dalam format ebook.

GPBP merupakan salah satu media alternatif yang ideal untuk penerbitan dan penjualan ebook, baik oleh perusahaan penerbitan maupun perorangan (SELF PUBLISHING). Bagi self publisher, yang "notabene" tidak bisa mengurus ISBN (International Standard Book Number) ke perpusnas (karena terhalang oleh prosedur yang saat ini berlaku), tetap dapat memperoleh nomor identitas untuk bukunya dalam versi GPBP. Fungsi nomor seri buku di GPBP mirip dengan ISBN dalam format penomoran buku fisik.

Selain itu, isi buku juga terlindungi dengan adanya perlindungan manajemen hak digital (DRM). Keuntungan lainnya, dari sisi "profit sharing" penjualan buku. GPBP memberikan pembagian hasil penjualan buku bagi penulis sebesar 70% dari harga buku, dan disetorkan ke rekening penulis setiap bulan (jika ada penjualan dan batas minimal transfer terpenuhi). Batas minimal transfer sendiri cukup kecil, yaitu $1. Jadi, sekalipun hanya ada profit 1$ di akun penulis, mereka tetap mentransfernya.

Keuntungan berikutnya, daya jangkau penjualan buku sangat luas, yaitu mencapai lebih dari 60 negara.

Lalu bagaimana dengan jumlah penjualan? Sama dengan penjualan buku fisik, hal itu tentu sangat tergantung dari ikhtiar-ikhtiar pemasaran. Semakin rajin melakukan proses marketing, dengan segala pernak-perniknya, angka penjualan juga akan mengikuti hukum sebab-akibat normal dalam dunia pemasaran.

Begitulah sekilas tentang SELF PUBLISHING dengan GPBP. Buat teman-teman yang ingin tahu lebih banyak tentang GPBP, saya akan bagikan info tersebut dalam salah satu sesi pada "WORKSHOP DESAIN DAN LAYOUT UNTUK SELF PUBLISHING". 

 


Posting Komentar

0 Komentar