-->

Kuas Lyra Giotto [REVIEW]



Berdasarkan bahan bakunya, kuas terbagi atas dua jenis, yaitu kuas bristle (bulu hewan) dan kuas sintetis (biasanya berbahan nylon). Kuas bristle umumnya terbuat dari bulu musang, tupai, kuda, kambing, dan juga babi. Kita perlu memeriksanya pada keterangan produk untuk mengetahui secara persis jenis bulu yang digunakan. Nah, dalam ulasan ini saya hanya membahas kuas sintetis bermerek  Lyra Giotto.

Lyra Giotto memproduksi berbagai alat dan perlengkapan menggambar/ melukis, dan salah satunya adalah kuas. Kuas produksi Lyra berbahan sintetis. Modelnya terbatas hanya dua, yaitu kuas round (berujung lancip dengan komposisi lingkaran kuas bundar) dan kuas flat (berujung rata).

Ukuran terkecil kuas Lyra bernomor 000  dan ukuran terbesarnya 24 (dalam versi terakhir yang saya ketahui).

Keunggulan Kuas Lyra

Kuas lyra menurut saya memiliki daya tahan yang baik, terutama untuk ukuran 1 dan di atasnya. Bulu-bulunya tidak mudah lepas dan bisa kembali ke bentuk semula setelah kuas digunakan dan dicuci.  Adapun ukuran di bawah satu memang agak cenderung mudah rusak.

Karena berbahan sintetis, di mana helai-helai bulunya tidak terlalu halus, kuas Lyra juga cenderung nyaman digunakan untuk dua media sekaligus, yaitu cat air dan akrilik. Jadi, untuk melukis dengan kedua media tersebut kita tidak perlu membeli kuas yang berbeda.

Panjang batang pegangan kuas relatif sedang dan bisa dikatakan cenderung pendek dibandingkan kuas yang harganya selevel. Tipe ukuran ini sangat nyaman dipakai untuk melukis dengan media cat air, di mana posisi tangan cenderung agak dekat dengan kertas.

Harga kuas lyra termasuk murah dan terjangkau, padahal kualitasnya relatif lebih baik dibandingkan dengan tipe kuas yang setara dari merek yang lain.

Kekurangan Kuas Lyra 

Kekurangan kuas lyra ada pada kelancipan ujung kuas. Meskipun merek ini memiliki nomor-nomor kecil antara 0-000, namun untuk membuat garis yang sangat kecil, ujung kuas tidak mampu menghasilkan garis yang benar-benar stabil.

Akan tetapi, hal itu bisa disiasati tentunya dengan membeli tipe kuas dari merek lain untuk kebutuhan tersebut.

Nah, demikian ulasan tentang kuas Lyra Giotto. Semoga ulasan ini akan membantu teman-teman yang sedang memilih atau berencana membeli kuas sintetis.

(Jika bermanfaat, teman-teman dapat membagikan artikel ini di akun media sosial. Tombol share ada di bawah artikel).




Posting Komentar

0 Komentar