-->

Apa Kegunaan Color Chart saat Melukis dengan Cat Air?

 


 

Mungkin tidak semua pelukis merasa perlu membuat color chart. Namun, bagi mereka yang ingin menghemat waktu dalam mengidentifikasi warna, color chart sangat berguna. Sebelum membahas tentang bagaimana cara membuat color chart, yuk, kita bedah dulu, apa sih yang dimaksud dengan color chart.

Color chart atau grafik warna adalah kumpulan warna-warna dalam sebuah tabel atau bentuk lainnya, yang berisi warna tunggal dari satu tube cat, maupun campuran dari dua atau lebih warna. Setiap pelukis dapat membuat color chart yang sangat personal berdasarkan koleksi warna yang dimiliki.

Variasi warna yang ditampilkan dalam color chart sebaiknya  disertai dengan keterangan detail nama warna. Tetapi, bukan nama warna dalam kebiasaan konvensional, melainkan nama warna yang sesuai dengan keterangan di dalam tube catnya. Contoh keterangan warna: cadmium red + cadmium yellow atau hooker's green light + payne's gray, dan lain-lain.

Tabel warna ini dapat dipergunakan secara efektif ketika kita memilih warna. Jika kita akan melukis, kita dapat langsung mencocokkan tipe warna pada objek lukis dengan stok variasi warna dalam tabel. Dan karena sudah terdapat keterangan nama warna campurannya, kita akan dengan mudah mengumpulkan warna apa saja yang harus kita taruh di atas palet. Hal itu sangat menghemat waktu dibandingkan dengan secara mendadak  melakukan tes warna setiap kali akan melukis.

Bagaimana Cara Membuat Watercolor Chart?

Sebelum membuat color chart, siapkan alat dan perlengkapan berikut:

- Kertas cat air
- Pensil
- Penggaris
- Penghapus
- Kuas
- Palet
- Tisu
- Air untuk mencuci kuas

Begini tahapan membuat watercolor chart:

1. Buatlah tabel dengan beberapa kolom dan baris. Modelnya bisa vertikal ataupun horizontal, dengan ukuran lebar minimal 1,5 cm dan panjang 7,5 cm (bisa juga lebih panjang atau lebih pendek).

2. Aplikasikan dulu cat dengan warna tunggal dari setiap tube, lalu namai di bawahnya dengan nama warna cat tersebut.

3. Buat campuran dua warna berbeda lalu aplikasikan di dalam tabel, dan cantumkan nama warna yang menjadi bahan campurannya.

4. Jika perlu, buat campuran warna dari tiga warna berbeda, dan lakukan proses yang sama dengan langkah kedua dan ketiga, yaitu memberi keterangan warna di bawahnya.

Pastikan semua warna sudah mendapat bagian untuk dicampur, sehingga kita memperoleh data pencampuran yang lengkap dari semua warna.

Nah, demikian cara membuat color chart dengan cat air. Semoga menginspirasi teman-teman semua.

Posting Komentar

0 Komentar