-->

Merk Cat Air Yang Bagus untuk Melukis

Merek cat air yang bagus untuk melukis  jadi pertanyaan umum para peminat cat air yang masih baru. Pertanyaan itu bagus, agar kita bisa memilih merek yang tepat sesuai kebutuhan kita. 


 Kalau dikelompokkan berdasarkan kualitas, cat air dapat dikelompokkan menjadi empat level, yaitu:

LEVEL A

Cat air level A adalah cat air yang memiliki kualitas yang sangat baik, yang biasa digunakan oleh seniman-seniman profesional. Warnanya mudah menjadi vibrant atau cerah dan tahan lama setelah cat air diaplikasikan di atas kertas. Cat air level A biasanya dapat dibeli satuan, sehingga para seniman dapat mencicil pembelian sesuai dengan anggaran dan kebutuhan.

Merek cat air level profesional di antaranya: Winsor & Newton, Daniel Smith, Rembrandt. Harganya di kisaran seratus ribu ke atas untuk setiap warna.

LEVEL B

Cat air level B adalah cat air yang memiliki kualitas cukup baik, sering dipakai juga oleh para seniman profesional, namun dibandingkan dengan cat air level A, kualitasnya sedikit berada di bawahnya.  

Cat air level B juga dijual dalam bentuk satuan, baik cat air versi tube maupun yang padat.

Merek cat air level B di antaranya: Sakura Koi, Holbein, dan Cotman. Harganya di kisaran 45 ribu sampai 60 ribu rupiah per-warna.

LEVEL C

Cat air level C bisa disebut juga sebagai cat air anak sekolahan. Hal itu karena cat air ini dipakai di sekolah untuk proyek-proyek atau tugas-tugas seni lukis. Kualitasnya lebih rendah daripada cat air level A dan B, namun tetap cukup bagus bagi mereka yang masih ingin belajar.

Perbedaan yang mencolok antara cat air level C dan di atasnya adalah pada kemampuan cat untuk menjadi vibrant dan daya tahannya setelah diapikasikan di atas kertas.

Merek cat air level anak sekolah ini di antaranya: Pentel, V-Tec, Reeves, Faber-Castell, Titi, dan Marie's, baik yang berbentuk tube maupun padat. Harganya di kisaran 50-70 ribu untuk satu set 12 warna.

LEVEL D

Cat air level D adalah cat air yang kualitasnya memang tidak cukup baik untuk menghasilkan warna yang cemerlang. Catnya juga sulit untuk diencerkan saat sudah mengering di dalam tube. Akan tetapi, tetap bisa dipakai untuk proyek anak sekolah yang sifatnya sederhana, yang tidak membutuhkan hasil yang maksimal.

Merek cat air level D di antaranya merek guitar. Merek yang sudah ada sejak tahun 80-an dan menemani sebagian besar anak-anak sekolah zaman itu. Harganya sekitar 8 ribu-an untuk 12 warna.

Nah, setelah mengenal berbagai merek cat air di atas, silakan pilih sesuai anggaran dan kebutuhan.

Tetapi, sebagai saran, jika Anda ingin melukis atau belajar melukis secara serius, minimal anggarkan untuk membeli cat air LEVEL B. Mengapa demikian? Karena, ketika kualitasnya bagus, kepuasan kita dalam berkarya juga akan mempercepat kemajuan belajar kita. Lebih baik menabung dulu untuk membeli cat level B dalam beberapa warna utama dan mencicil varian warnan sisanya setelah anggaran cukup. 

Sebaliknya, jika Anda hanya ingin lebih fokus kepada penjajakan proses belajarnya saja dan melatih konsep melukisnya dibandingkan kualitas warnanya, memilih merek cat air LEVEL C adalah langkah yang bijak. Karena, harga cat air level C hanya sekitar sepertiga harga cat air level B. Tidak terlalu mubazir sekalipun nanti tidak dipakai lagi.

Artikel ini bermanfaat? Jangan lupa bagikan di akun media sosial Anda.



Posting Komentar

0 Komentar