Kertas untuk Cat Air

 


Kertas untuk cat air memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dengan kertas gambar biasa. Karena mendapat campuran air, kertas cat air dibuat lebih tebal dan kuat. 

Berdasarkan bahan bakunya kertas cat air dibedakan menjadi dua, yaitu cellulose yang berasal dari pulp/bubur kertas dan cotton (berasal dari kapas). 

Supaya gampang mencari kertas untuk cat air, berikut beberapa merek kertas cat air yang dapat dijadikan alternatif. Saya urutkan berdasarkan abjad.

 

MEREK KERTAS CAT AIR BERDASARKAN ABJAD

Arches

Merek arches memproduksi tiga tipe kertas, yaitu hot pressed (bertekstur halus), cold pressed (bertekstur sedang), dan rough (bertekstur kasar). Semuanya berbahan dasar kapas. Kertas merek ini tergolong level premium. Harganya sesuai dengan kualitasnya.

Artemedia

Merek artemedia memiliki hanya satu tipe kertas, yaitu yang berbahan dasar katun, dengan berat (gramasi) 200 gsm. Kertas merek ini cocok buat kalian yang sedang belajar melatih kelenturan memakai cat air. Harganya ekonomis, sehingga tidak perlu takut atau sayang jika dipakai sebagai media percobaan.

Arto

Kertas cat air Arto memiliki dua tipe kertas, yaitu kertas berbahan dasar kapas dan cellulose. Jenis ketebalan kertas 200 dan 300 gsm. Kalian bisa memilih versi jilid ring, block pad, ataupun paket lembaran isi 10 lembar. Ukuran kertas dari A4-A3.

Canson XL Aquarelle

Kertas cat air keluaran Canson ini diproduksi dalam bentuk buku dengan jilid ring. Berat 300 gsm. Bahan bakunya bubur kertas. Untuk level di kelasnya, tipe kertas ini lumayan nyaman dipakai untuk karya yang membutuhkan detail.

Canson Heritage

Canson heritage tergolong kertas di level premium dari Canson. Bahan bakunya dari kapas. Pilihan tipenya: cold press, hot pressed, dan rough. Berat 300 gsm. Kertas dikemas dalam bentuk block pad. 

Canson Montval

Canson montval tergolong kertas level medium. Cukup nyaman digunakan untuk karya yang serius dan detail asalkan sabar dalam memprosesnya. Kertas ini ada dalam dua tipe ketebalan, yaitu 200 dan 300 gsm.

Reeves

Karakteristik kertas reeves mirip dengan kertas cat air merek artemedia. Tersedia dalam ketebalan 200 gsm dalam bentuk block pad dan jilid ring.

Winsor & Newton

Kertas merek Winsor & Newton memiliki dua tipe, yaitu tipe classic dan professional. Untuk tipe classic, kertasnya cukup tangguh untuk mengerjakan karya wet on wet. 

Kertas tipe professional dari winsor tergolong kertas level premium yang harganya tentu saja juga premium. Tipe ini ada dalam tiga varian, yaitu hot pressed, cold pressed, dan rough.

Selain merek-merek di atas, tentu saja ada banyak merek lainnya dari kertas cat air yang belum disebutkan. Tetapi, sebagai bahan rekomendasi, merek kertas di atas sudah diuji coba oleh penulis, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan. Selamat menjelajah di dunia kertas cat air. 

Boleh banget bagikan artikel ini di akun media sosialmu jika kamu rasa akan berguna.


Posting Komentar

0 Komentar