Mengenal Paper Stump untuk Mencampur dan Menghaluskan Arsiran Pensil

 

Warna yang tidak merata adalah salah satu masalah yang paling sering kita hadapi saat menggambar dengan pensil grafit ataupun pensil warna. Tetapi, masalah itu bisa terpecahkan dengan memakai alat pencampur atau disebut dengan istilah blender. Salah satu alat yang dapat dipakai untuk melakukan pencampuran atau blending adalah paper stump. Yuk, kenali lebih dekat!

Paper stump adalah kertas yang dibentuk menyerupai pensil. Alat ini sudah tersedia dalam bentuk jadi, hasil produksi pabrik dalam berbagai ukuran. Namun, sebenarnya kita dapat membuatnya sendiri dari gulungan kertas meskipun mungkin tidak sempurna. Paper stump sering disebut juga dengan istilah paper wiper.

Paper Stumps
Cara pemakaian paper stump sangat mudah. Setelah kita menggoreskan arsiran dengan pensil ataupun pensil  warna di area gambar, goreskan paper stump pada area tersebut sehingga arsiran pensil jadi menyatu. 

Adapun untuk menjaga ujungnya agar tetap bersih dan runcing, kita dapat menggunakan pisau cutter untuk membersihkannya, dengan cara mengikis bagian yang kotor dan sudah rusak, mirip dengan meruncingkan pensil. Cara yang lain, kita bisa memakai kertas ampelas yang permukaannya sangat halus. Telah tersedia juga ampelas khusus untuk meruncingkan ujung pensil, termasuk pensil kertas (paper stump) ini. Nama produknya di pasaran:  sandpaper block, dengan merek Faber-Castell ataupun Lyra.

Sandpaper Block

Paper stump yang baik, teksturnya lembut dan kokoh. Jika kita kesulitan mendapatkannya, kita dapat juga menggantinya dengan kertas tisu yang digulung atau dilipat. Cara pemakaiannya sama dengan paper stump.

Dengan memakai blender, kita bisa menghasilkan pewarnaan realis dengan lebih mudah dan praktis. Penasaran ingin mencoba? Kini paper stump dapat dibeli secara online, dengan beberapa merek, misalnya V-tec, Maries, Derwent, dan Lyra.

Posting Komentar

0 Komentar